Sejarah Candi Brahu Mojokerto - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Sejarah Candi Brahu Mojokerto

Candi Brahu Mojokerto: Warisan Sejarah yang Megah

Candi Brahu Mojokerto adalah salah satu situs arkeologi yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Candi ini merupakan bagian dari kompleks candi-candi Hindu-Buddha yang tersebar di Pulau Jawa dan menjadi saksi bisu perkembangan agama dan budaya di masa lalu. Artikel ini akan mengungkap sejarah dan keunikan Candi Brahu yang menjadikannya salah satu destinasi bersejarah yang menarik.

Sejarah Candi Brahu

Candi Brahu, juga dikenal sebagai Candi Bajang Ratu, diperkirakan berasal dari abad ke-14 Masehi, sesuai dengan arsitektur candi Jawa Tengah dari masa Majapahit. Nama ‘Brahu’ dipercaya berasal dari kata dalam bahasa Sansekerta ‘Brahma’ yang merupakan dewa pencipta dalam agama Hindu. Hal ini mengisyaratkan bahwa candi ini awalnya didedikasikan untuk pemujaan dewa Brahma.

Candi Brahu ini memiliki arsitektur yang khas dengan ciri-ciri candi Hindu, seperti atap batu bertingkat dengan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah epik dari kitab Ramayana dan Mahabharata. candi ini juga memiliki patung-patung yang menggambarkan dewa-dewi Hindu seperti Brahma, Shiva, Vishnu, serta Ganesha.

Keunikan dan Arsitektur Candi Brahu

Salah satu keunikan Candi Brahu adalah teras tinggi yang menaungi ruang utama candi. Atap candi ini memiliki tiga lapisan dan ditopang oleh kolom-kolom yang indah dengan hiasan relief yang rumit. Relief-relief ini menggambarkan berbagai adegan mitologis dan legendaris yang menceritakan kisah-kisah agama dan sejarah kuno.

Teras tinggi tempat Candi Brahu berdiri menggambarkan karakteristik arsitektur candi Hindu. Bagian teras ini menjadi tempat tempat pemujaan dan ritual agama Hindu dilakukan. Tidak hanya itu, banyak ornamen berupa ukiran dan hiasan-hiasan geometris yang memperindah struktur candi ini, menggambarkan keahlian seni rupa yang tinggi pada masanya.

Peran Budaya dan Sejarah

Candi Brahu memiliki peran penting dalam menggambarkan perkembangan agama Hindu di Jawa Timur. Selain sebagai tempat ibadah, candi ini juga dapat menjadi bukti peradaban Majapahit yang gemilang di masa lalu. Kompleks candi yang terletak di sekitar Mojokerto menjadi saksi bisu dari kejayaan Majapahit yang pernah berdiri kokoh di kepulauan Nusantara.

Candi Brahu juga menjadi tujuan wisata yang menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi warisan budaya dan sejarah Indonesia. Pengunjung dapat mengagumi keindahan arsitektur, menggali sejarah lama yang tersembunyi di balik candi, dan merasakan atmosfer yang khusyuk dalam sebuah candi kuno.

Candi Brahu Mojokerto adalah bagian berharga dari warisan budaya Indonesia yang kaya. Dengan arsitektur yang megah dan makna sejarah yang dalam, candi ini mengundang pengunjung untuk menjelajahi masa lalu yang kaya serta menghargai keindahan seni dan budaya Hindu-Buddha yang pernah bersemi di Indonesia. Candi Brahu adalah saksi bisu dari keagungan peradaban Majapahit dan sebuah jendela ke masa lalu yang tak terlupakan.