Sejarah Candi Cetho Wikipedia - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Sejarah Candi Cetho Wikipedia

Candi Cetho: Keindahan Mistis di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho adalah salah satu candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan perkembangan agama Hindu di Indonesia. Artikel ini akan mengungkapkan lebih lanjut tentang sejarah dan pesona mistis Candi Cetho.

Asal Usul dan Sejarah

Candi Cetho dibangun pada abad ke-15, masa pemerintahan Raja Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit. Pada saat itu, Hinduisme merupakan agama yang dominan di wilayah Jawa. Candi ini digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu. Namun, setelah jatuhnya Majapahit dan masuknya Islam ke Jawa, agama Hindu mengalami penurunan pengikut. Candi Cetho pun ditinggalkan.

Pemugaran dan Penemuan Kembali

Candi Cetho sempat terlupakan selama beberapa abad. Namun, pada tahun 1842, seorang kolonial Belanda bernama Van der Vlis menemukan candi ini dalam kondisi yang rusak parah. Upaya pemugaran pertama kali dilakukan pada tahun 1976 oleh Pemerintah Indonesia, dan sejak itu, candi ini secara berkala menjalani pemeliharaan dan pemugaran.

Arsitektur dan Keunikan

Candi Cetho memiliki arsitektur khas Hindu yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya Majapahit. Struktur candi terdiri dari teras-teras dengan candi utama di puncaknya. Teras-teras ini menghadap ke arah matahari terbit, menciptakan pemandangan spektakuler saat matahari terbit.

Salah satu hal yang membedakan Candi Cetho dari candi Hindu lainnya adalah adanya patung-patung Hindu yang terbuat dari batu andesit. Patung-patung ini menghiasi beberapa bagian candi, menambah nuansa sakral dan artistik.

Mistisisme di Candi Cetho

Selain sebagai situs bersejarah, Candi Cetho juga memiliki nuansa mistis yang kuat. Banyak umat Hindu yang datang ke sini untuk bersembahyang dan melakukan ritual-ritual keagamaan. Keberadaan padepokan dan beberapa orang suci di sekitar candi menambah kesan mistis tempat ini.

Pengunjung dan Pariwisata

Candi Cetho kini menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur kuno dan suasana mistis yang unik. Lokasi candi yang terletak di lereng Gunung Lawu juga memberikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Candi Cetho adalah situs bersejarah yang memancarkan pesona mistis dan keindahan alam. Dengan sejarahnya yang panjang dan arsitektur khas Hindu, candi ini menjadi bukti keberagaman budaya dan agama yang kaya di Indonesia. Melalui pemeliharaan dan kunjungan wisatawan, Candi Cetho tetap menjadi warisan berharga yang menginspirasi pengunjung dari berbagai latar belakang.