Sejarah Terciptanya Pancasila - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Sejarah Terciptanya Pancasila

Pancasila: Sejarah Terbentuknya Dasar Negara Indonesia

Pancasila adalah dasar negara Indonesia, sebuah ideologi yang menjadi landasan bagi negara ini untuk mencapai tujuan nasionalnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi sejarah dan asal-usul terbentuknya Pancasila.

Latar Belakang Sejarah

Sebelum Pancasila diadopsi sebagai dasar negara Indonesia, negara ini telah melalui serangkaian perjuangan dan perubahan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, meskipun merdeka, Indonesia masih menghadapi tantangan besar dalam mengonsolidasikan negara dan pemerintahannya.

Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana mendefinisikan ideologi negara yang akan menjadi dasar bagi pembangunan dan kehidupan politik di Indonesia yang baru merdeka.

Kontribusi Para Pemikir Besar

Dalam perjalanan mencari ideologi negara yang cocok, banyak pemikir dan pemimpin Indonesia turut serta dalam menyusun dan merumuskan prinsip-prinsip yang akan menjadi dasar negara. Beberapa tokoh penting dalam proses ini antara lain Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara.

Pidato Soekarno di Sidang PPKI

Sejarah mencatat momen penting ketika Soekarno, yang kemudian menjadi Presiden pertama Indonesia, memberikan pidato yang sangat berpengaruh pada tanggal 1 Juni 1945 di hadapan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Dalam pidato ini, Soekarno menyampaikan visi tentang prinsip-prinsip dasar negara yang akan dibangun.

Dalam pidato tersebut, Soekarno mengemukakan empat pilar dasar yang kemudian menjadi landasan Pancasila. Pilar-pilar ini adalah:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui keberadaan Tuhan sebagai landasan moral dan spiritual bangsa.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menekankan hak asasi manusia dan keadilan sosial sebagai prinsip dasar.

3. Persatuan Indonesia: Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menekankan demokrasi dan keterlibatan rakyat dalam pembuatan kebijakan negara.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Membangun masyarakat yang adil dan merata.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila secara resmi diadopsi sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945, tepat sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan. Hal ini diumumkan melalui Pengumuman Presiden (Pengumuman No. 7) oleh Presiden Soekarno. Pancasila menjadi panduan bagi pembangunan negara dan bangsa Indonesia.

Sejarah terciptanya Pancasila adalah perjalanan panjang yang melibatkan banyak pemikir dan pemimpin Indonesia. Nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila telah menjadi dasar yang kuat bagi negara ini. Seiring berjalannya waktu, Pancasila tetap menjadi landasan yang memandu Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk politik, sosial, dan budaya. Ia merupakan tonggak penting dalam perjalanan sejarah Indonesia dan merupakan simbol persatuan dalam keragaman.