Sendi Peluru Dan Sendi Engsel - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Sendi Peluru Dan Sendi Engsel

Sendi Peluru dan Sendi Engsel: Fungsi dan Perbedaan

Sendi adalah bagian penting dalam tubuh manusia yang memungkinkan pergerakan dan mobilitas. Dua jenis sendi yang umum adalah sendi peluru dan sendi engsel. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan fungsi dan perbedaan antara kedua jenis sendi ini.

Sendi Peluru

Sendi peluru adalah jenis sendi yang memungkinkan gerakan dalam banyak arah atau bidang. Sendi ini mirip dengan bentuk bola dan cangkang, di mana salah satu permukaan berbentuk bola dan yang lainnya berbentuk cangkang. Sendi peluru memungkinkan gerakan rotasi dan gerakan bebas dalam banyak arah. Contoh sendi peluru yang paling terkenal adalah sendi bahu dan pinggul.

Fungsi Sendi Peluru:
– Memungkinkan pergerakan bebas dalam banyak arah.
– Memungkinkan rotasi.
– Mengoptimalkan mobilitas dan fleksibilitas tubuh.

Sendi Engsel

Sendi engsel adalah jenis sendi yang terdiri dari dua permukaan datar yang berputar satu sama lain seperti pintu engsel. Sendi ini memungkinkan gerakan dalam satu arah, seperti membuka dan menutup. Contoh sendi engsel yang paling umum adalah sendi siku dan sendi lutut.

Fungsi Sendi Engsel:
– Memungkinkan gerakan dalam satu arah.
– Memberikan stabilitas dan dukungan saat gerakan terbatas.
– Melindungi bagian dalam tubuh seperti otot dan tendon.

Perbedaan Utama Antara Sendi Peluru dan Sendi Engsel:

1. Gerakan: Perbedaan paling mencolok adalah jenis gerakan yang diizinkan oleh kedua jenis sendi ini. Sendi peluru memungkinkan gerakan bebas dalam banyak arah dan rotasi, sementara sendi engsel hanya memungkinkan gerakan dalam satu arah.

2. Struktur: Sendi peluru memiliki bentuk yang lebih kompleks dengan permukaan yang berbentuk bola dan cangkang, sedangkan sendi engsel memiliki permukaan datar yang mirip dengan engsel pintu.

3. Contoh: Sendi peluru umumnya ditemukan di sendi bahu dan pinggul, sedangkan sendi engsel lebih umum di sendi siku dan lutut.

4. Fungsi: Sendi peluru mendukung pergerakan bebas dan rotasi, sementara sendi engsel memberikan stabilitas dan batasan gerakan yang lebih terkendali.

Sendi peluru dan sendi engsel memiliki peran yang penting dalam tubuh manusia. Sendi peluru memungkinkan mobilitas dan gerakan bebas dalam banyak arah, sementara sendi engsel memberikan stabilitas dan batasan gerakan yang lebih terkendali. Memahami perbedaan antara kedua jenis sendi ini membantu dalam diagnosis dan perawatan cedera atau gangguan sendi, serta memahami bagaimana tubuh kita berfungsi secara keseluruhan.