Serangan Houthi Ke Arab Saudi - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Serangan Houthi Ke Arab Saudi

Serangan Houthi ke Arab Saudi: Ketegangan di Timur Tengah

Ketegangan di Timur Tengah selalu menjadi topik yang menarik perhatian dunia internasional. Salah satu episodenya adalah serangan yang dilancarkan oleh kelompok Houthi terhadap Arab Saudi. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang serangan Houthi ke Arab Saudi, latar belakang konflik, dan dampaknya terhadap kawasan tersebut.

Latar Belakang Konflik

Konflik antara kelompok Houthi dan pemerintah Arab Saudi telah berlangsung selama beberapa tahun. Kelompok Houthi, yang memiliki akar Syiah, berasal dari Yaman dan telah lama menginginkan kontrol lebih besar atas pemerintahan negara tersebut. Mereka menentang pemerintahan Yaman yang didukung oleh Arab Saudi, yang melihat mereka sebagai ancaman terhadap stabilitas regional.

Konflik ini mencapai puncaknya ketika pada tahun 2015, kelompok Houthi merebut ibu kota Yaman, Sanaa, dan menggulingkan pemerintahan yang ada. Sebagai tanggapan, Arab Saudi dan koalisi yang terdiri dari negara-negara Teluk Arab meluncurkan intervensi militer di Yaman untuk mendukung pemerintah yang sah dan melawan Houthi.

Serangan Houthi Terhadap Arab Saudi

Serangan Houthi ke Arab Saudi terutama dilakukan melalui serangan rudal balistik dan serangan pesawat tak berawak (drone). Mereka telah menargetkan sejumlah area di Arab Saudi, termasuk kota-kota besar seperti Riyadh dan Jeddah. Salah satu serangan paling signifikan adalah serangan terhadap fasilitas minyak Aramco di Abqaiq dan Khurais pada tahun 2019, yang menyebabkan penurunan produksi minyak global.

Kelompok Houthi mengklaim bahwa serangan-serangan ini adalah bagian dari perlawanan mereka terhadap intervensi militer asing di Yaman dan sebagai upaya untuk membalas dendam atas serangan udara yang dilakukan oleh koalisi Arab Saudi di Yaman yang telah menewaskan warga sipil.

Dampak Terhadap Arab Saudi dan Stabilitas Kawasan

Serangan Houthi telah menimbulkan dampak serius terhadap Arab Saudi, terutama dalam hal keamanan nasional dan ekonomi. Serangan-serangan tersebut menunjukkan kerentanannya infrastruktur penting negara tersebut, seperti fasilitas minyak dan bandara internasional. serangan-serangan ini telah memicu kekhawatiran tentang stabilitas regional dan meningkatkan ketegangan antara Iran, yang diduga memberikan dukungan terhadap Houthi, dan negara-negara Teluk Arab, terutama Arab Saudi.

Serangan Houthi ke Arab Saudi adalah bagian dari konflik yang kompleks dan berkepanjangan di Yaman. Dampaknya sangat signifikan, terutama dalam hal keamanan dan stabilitas kawasan Timur Tengah. Penyelesaian konflik ini akan memerlukan diplomasi yang kuat dan upaya internasional untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan di Yaman dan mengurangi ketegangan di kawasan tersebut.