Shollu Rahimakumullah Artinya - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Shollu Rahimakumullah Artinya

Arti dan Makna Shollu Rahimakumullah: Memahami Doa untuk Kedekatan Keluarga dan Allah

Dalam agama Islam, berdoa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon berbagai kebaikan. Salah satu doa yang sering diucapkan adalah ‘Shollu Rahimakumullah.’ Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan arti dan makna dari doa ini serta mengapa ia memiliki pentingnya dalam Islam.

Arti Shollu Rahimakumullah:

‘Doa Shollu Rahimakumullah’ adalah sebuah kalimat yang berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah ‘Berdoalah dan jalinlah hubungan kekeluargaan karena Allah SWT.’ Dalam doa ini, kata ‘Shollu’ berasal dari akar kata ‘Shalat,’ yang berarti berdoa atau beribadah kepada Allah. ‘Rahimakumullah’ berarti rahmat Allah atau berkah Allah. Jadi, secara harfiah, doa ini mengajak untuk berdoa kepada Allah dan menjaga hubungan keluarga karena Allah.

Makna dan Pentingnya Shollu Rahimakumullah:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Salah satu makna utama dari doa ini adalah mengingatkan kita bahwa beribadah kepada Allah dan menjaga hubungan keluarga adalah dua aspek yang sangat penting dalam Islam. Dengan berdoa kepada Allah dan berusaha menjaga hubungan keluarga, kita dapat mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Keutamaan Hubungan Keluarga: Islam sangat menekankan pentingnya hubungan keluarga yang baik dan penuh kasih sayang. Doa Shollu Rahimakumullah mengingatkan kita bahwa menjaga hubungan keluarga adalah salah satu cara untuk mendapatkan rahmat dan berkah Allah.

3. Pengingat akan Tanggung Jawab: Doa ini juga mengingatkan kita tentang tanggung jawab kita terhadap anggota keluarga. Kita harus berusaha menjaga hubungan yang harmonis, membantu satu sama lain, dan bersikap baik terhadap keluarga kita.

4. Hubungan Antara Ibadah dan Kehidupan Sehari-hari: Doa Shollu Rahimakumullah juga menggambarkan hubungan yang erat antara ibadah (shalat) dan kehidupan sehari-hari. Shalat adalah bentuk ibadah yang paling utama dalam Islam, dan menjaga hubungan keluarga adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan nilai-nilai yang diajarkan dalam shalat.

Cara Mengamalkannya:

Mengamalkan doa Shollu Rahimakumullah tidak hanya sebatas melafalkan kata-kata, tetapi juga melibatkan tindakan nyata dalam menjaga hubungan keluarga. Beberapa cara untuk mengamalkan doa ini adalah:

1. Berdoa: Sertakan doa ini dalam shalat Anda sebagai bentuk pengingat untuk menjaga hubungan keluarga.

2. Berbicara dengan Lembut: Jagalah cara Anda berbicara dan berinteraksi dengan anggota keluarga Anda. Bersikap lembut, penyayang, dan pengertian.

3. Mengunjungi Keluarga: Usahakan untuk berkunjung atau berkomunikasi secara rutin dengan anggota keluarga, terutama yang jauh dari tempat tinggal Anda.

4. Menjalin Silaturahmi: Silaturahmi adalah salah satu aspek penting dalam menjaga hubungan keluarga. Berusaha untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi dengan keluarga besar Anda.

Doa Shollu Rahimakumullah mengingatkan kita akan pentingnya menjaga hubungan keluarga dan menjalankan ibadah kepada Allah secara bersamaan. Ia adalah pengingat bahwa keduanya saling terkait dalam Islam, dan kita dapat mendapatkan rahmat dan berkah Allah dengan mengamalkannya.