Shortcut Merekam Layar Laptop - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Shortcut Merekam Layar Laptop

Shortcut Merekam Layar Laptop: Trik Cepat untuk Menciptakan Konten Multimedia

Merekam layar laptop telah menjadi kebutuhan umum bagi banyak orang, mulai dari pembuat konten hingga pemula yang ingin membagikan panduan atau gameplay mereka. Membuat video tutorial, presentasi, atau mengabadikan momen berharga di layar Anda sekarang lebih mudah daripada sebelumnya, berkat shortcut dan perangkat lunak yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa shortcut penting untuk merekam layar laptop dengan cepat.

1. Windows + G (Game Bar): Jika Anda menggunakan Windows 10 atau versi yang lebih baru, tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar. Ini adalah alat bawaan Windows yang dapat digunakan untuk merekam layar Anda, terutama saat bermain game. Ini juga dapat digunakan untuk merekam aktivitas desktop biasa.

2. Windows + Alt + R (Bar Game – Merekam): Jika Anda sudah membuka Game Bar dengan Windows + G, gunakan kombinasi tombol ini untuk mulai merekam layar Anda. Ini sangat berguna jika Anda ingin merekam sesuatu yang terjadi tiba-tiba di layar.

3. Ctrl + Shift + R (Camtasia): Camtasia adalah salah satu perangkat lunak perekam layar terkemuka, dan kombinasi tombol ini memungkinkan Anda untuk mulai merekam layar dengan cepat jika Anda telah menginstalnya.

4. PrtScn (Print Screen) atau Alt + PrtScn: Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot, tekan PrtScn untuk mengambil seluruh layar, atau tekan Alt + PrtScn untuk hanya mengambil jendela yang sedang aktif.

5. Windows + Shift + S (Snip & Sketch): Untuk mengambil tangkapan layar dengan lebih banyak pilihan, gunakan kombinasi tombol ini. Ini akan membuka alat Snip & Sketch yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar area yang Anda pilih.

6. Ctrl + Shift + Esc (Task Manager): Jika Anda sedang bekerja di banyak aplikasi dan ingin menghentikan perekaman layar, tekan tombol ini untuk membuka Task Manager dan menghentikan proses perekaman.

7. Alt + Tab: Jika Anda menggunakan Game Bar atau perangkat lunak lain untuk merekam layar, gunakan Alt + Tab untuk beralih cepat antara aplikasi atau jendela yang berbeda.

8. Alt + F9 (OBS Studio): OBS Studio adalah perangkat lunak perekam layar dan streaming yang populer di kalangan para pemain dan pembuat konten. Dengan menekan Alt + F9, Anda dapat memulai atau menghentikan perekaman dengan mudah.

Shortcut untuk merekam layar laptop adalah alat yang berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda dan membuat konten multimedia dengan lebih cepat. Dengan menguasai kombinasi tombol yang sesuai dengan perangkat lunak yang Anda gunakan, Anda dapat membuat tutorial, panduan, atau konten lainnya dengan lebih mudah dan efisien. Jadi, cobalah salah satu atau beberapa dari shortcut di atas untuk memulai merekam layar laptop Anda dan menghasilkan konten yang menarik.