Siapa Menristekdikti Sekarang - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Siapa Menristekdikti Sekarang

Profil Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Saat Ini’

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) adalah salah satu posisi kunci dalam pemerintahan Indonesia yang bertanggung jawab atas pengembangan riset, teknologi, dan inovasi di negara ini. Saat ini, Menteri Riset dan Teknologi/BRIN yang menjabat adalah Bambang P. S. Brodjonegoro.

### Profil Bambang P. S. Brodjonegoro

Bambang P. S. Brodjonegoro lahir pada 22 November 1964 di Jakarta. Sebelum menjabat sebagai Menristek/BRIN, ia telah mengemban berbagai jabatan penting di pemerintahan. Ia lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan meraih gelar Master dan Doktor di bidang ekonomi dari Universitas Illinois, Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

Karir Bambang P. S. Brodjonegoro di pemerintahan dimulai ketika ia bergabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Selama bekerja di Bappenas, ia berkontribusi dalam perencanaan dan pengembangan program-program pembangunan nasional.

Pada tahun 2014, Bambang P. S. Brodjonegoro diangkat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Sebagai Menteri Keuangan, ia bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan negara dan perencanaan fiskal untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan sosial di Indonesia.

Pada tahun 2020, Bambang P. S. Brodjonegoro dipercaya untuk memimpin Kementerian Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN terus berupaya memajukan dunia riset, teknologi, dan inovasi di Indonesia.

### Tugas dan Tanggung Jawab Menristek/BRIN

Sebagai Menristek/BRIN, Bambang P. S. Brodjonegoro memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting. Salah satunya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan riset dan inovasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Ia juga bertanggung jawab untuk mengembangkan kebijakan yang mendukung peningkatan daya saing Indonesia dalam bidang riset dan teknologi.

Menristek/BRIN memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa Indonesia terus berada di garis depan dalam menghadapi perubahan teknologi dan tantangan global. Pengembangan sumber daya manusia unggul di bidang riset dan teknologi juga menjadi salah satu fokus utama dalam kepemimpinan Bambang P. S. Brodjonegoro.

### Bambang P. S. Brodjonegoro, sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) saat ini, memiliki tugas besar dalam memajukan riset, teknologi, dan inovasi di Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman pemerintahannya yang kaya, ia diharapkan dapat terus memimpin upaya-upaya yang mendukung perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia dalam dunia riset dan teknologi. Peningkatan investasi dalam riset dan inovasi akan menjadi faktor kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia di tingkat global.