Siapa Yg Melengserkan Gus Dur - Sumberinformasi.web.id

Search Suggest

Siapa Yg Melengserkan Gus Dur

Pengunduran Gus Dur: Kisah Perjalanan Presiden Abdurrahman Wahid dari Jabatan Presiden

Gus Dur, atau nama lengkapnya Abdurrahman Wahid, adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah politik Indonesia. Ia dikenal sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-4. Namun, masa jabatannya sebagai Presiden tidak berjalan mulus, dan akhirnya, ia mengundurkan diri dari jabatan tertinggi negara. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peristiwa penting yang mengarah pada pengunduran Gus Dur dari jabatan Presiden.

Abdurrahman Wahid, atau yang akrab dipanggil Gus Dur, dilahirkan pada tanggal 7 September 1940 di Jombang, Jawa Timur. Ia adalah seorang ulama, intelektual, dan aktivis yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan politik dan sosial Indonesia.

Gus Dur terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada tahun 1999, setelah era Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto berakhir. Ia adalah Presiden pertama Indonesia yang dipilih secara demokratis melalui pemilihan umum. Namun, masa jabatannya tidak berjalan lancar, dan beberapa faktor memicu pengunduran dirinya dari jabatan Presiden pada tahun 2001.

Salah satu faktor yang paling mencolok adalah ketegangan politik yang terus meningkat antara Gus Dur dan sejumlah anggota DPR. Konflik ini terkait dengan berbagai isu politik dan ekonomi, termasuk tuduhan korupsi dan kinerja pemerintahan yang dinilai buruk. Ketegangan tersebut mencapai puncaknya ketika DPR mengadakan Sidang Istimewa pada tahun 2001 untuk memutuskan masa depan Gus Dur sebagai Presiden.

Hasil Sidang Istimewa tersebut menunjukkan bahwa mayoritas anggota DPR mendukung mosi tidak percaya terhadap Gus Dur. Akibatnya, pada tanggal 23 Juli 2001, Gus Dur mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Presiden. Ia digantikan oleh Wakil Presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri.

Pengunduran diri Gus Dur sebagai Presiden adalah momen bersejarah dalam politik Indonesia. Ia menunjukkan komitmennya terhadap demokrasi dan supremasi hukum, meskipun pengunduran dirinya tersebut menimbulkan berbagai kontroversi dan perdebatan.

Setelah pengunduran dirinya sebagai Presiden, Gus Dur tetap aktif dalam dunia politik dan organisasi sosial di Indonesia. Ia meninggal pada tahun 2009, meninggalkan warisan yang mendalam dalam perjuangan demokrasi dan hak asasi manusia di Indonesia.

Pengunduran diri Gus Dur sebagai Presiden adalah bagian dari sejarah politik Indonesia yang penuh peristiwa dan tantangan. Ia adalah tokoh yang kontroversial namun juga dihormati karena komitmen dan prinsip-prinsipnya dalam menjalankan pemerintahan. Gus Dur tetap menjadi ikon dalam perjuangan demokrasi di Indonesia dan akan selalu dikenang dalam sejarah negara ini.